Kebijakan Privasi Pinang
BRI Agro Kebijakan Privasi Pinang

Keberadaan Kebijakan Privasi ini merupakan bagian dari komitmen PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (Bank/ Pinang) dalam rangka melindungi privasi dan data pribadi pengguna. Untuk memberikan layanan terbaik kepada Anda serta melindungi kepentingan Anda, Bank hanya akan mengumpulkan informasi Anda yang Bank perlukan. Bank tidak akan membagikan informasi Anda dengan pihak ketiga tanpa persetujuan Anda kecuali hal tersebut telah diatur berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Bank memastikan kepatuhan Kebijakan Privasi ini oleh Bank, karyawan Bank, Afiliasi Bank dan layanan eksternal yang bekerja atau melakukan layanan untuk Bank. Untuk tujuan tersebut, Bank telah mengambil tindakan yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Kebijakan Privasi dapat diubah atau diperbaharui sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Anda disarankan untuk selalu membaca dan memeriksa Kebijakan Privasi secara seksama dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan yang dilakukan dari waktu ke waktu. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan yang tersedia dalam Aplikasi Pinang, maka Anda dianggap menyetujui perubahan-perubahan pada Kebijakan Privasi dari waktu ke waktu.

 

1.Pengumpulan Data

Bank akan mengumpulkan, menyimpan, dan memproses informasi yang Anda berikan secara sukarela kepada Bank yang disyaratkan sewaktu pendaftaran dan penggunaan aplikasi Bank sehubungan dengan hal-hal berikut:

    • Informasi Pendaftaran Saat Anda membuat Akun, Bank meminta Anda untuk memberikan informasi yang, seperti nomor telepon dan pada tahap selanjutnya nama pengguna serta kata sandi. Informasi ini secara bersama-sama disebut sebagai “Informasi Pendaftaran”.
    • Data Pinjaman Saat Anda mengajukan Pinjaman, Bank meminta Anda yang dibutuhkan termasuk namun tidak terbatas pada NIK, nama, alamat, alamat email, tanggal lahir, pekerjaan, data pekerjaan, data kerabat serta informasi lain yang dapat Bank syaratkan dari waktu ke waktu;
    • Dokumen & biometric Saat Anda mengajukan Pinjaman, Bank meminta Anda yang mengupload data yang dibutuhkan yaitu e-KTP, file wajah yang Anda berikan ketika Anda melakukan pengajuan Fasilitas Pinjaman Pinang;
    • Data Log Saat Anda menggunakan Pinang, secara otomatis bank merekam informasi mengenai penggunaan Anda (“Data Log”). Data Log ini dapat memuat informasi seperti alamat Protokol Internet (IP) komputer atau perangkat bergerak Anda.
    • Survei dan Promosi. Dari waktu ke waktu, Bank dapat memberikan Anda kesempatan untuk berpartisipasi dalam survei, atau undian. Jika Anda berpartisipasi, Bank dapat meminta informasi tambahan tertentu dari Anda.
    • Seluruh data dan atau informasi yang Anda berikan kepada Bank secara sukarela dari waktu ke waktu

 

2.Persetujuan Membuka Informasi

Anda bersedia dan menyetujui apabila Bank dan/atau para pejabatnya atau perwakilannya membuka informasi yang berhubungan termasuk namun tidak terbatas data diri yang diisikan dalam Aplikasi Pinjaman Pinang, rekening atau Fasilitas Pinjaman Pinang, kepada pihak yang diperbolehkan atau diperintahkan berdasarkan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku di Indonesia atau berdasarkan perintah Pengadilan. Bank dan Pejabat atau Perwakilannnya dapat juga membuka informasi kepada dan/atau untuk kepentingan:

    • Pihak ketiga yang bekerjasama dengan Bank dalam rangka pelaksanaan underwriting atas permohonan pengajuan Fasilitas Pinjaman Pinang melalui Aplikasi Online Pinjaman Pinang;
    • Setiap pihak yang bertujuan untuk melaksanakan atau melindungi hak atau kepentingan Bank sehubungan dengan Fasilitas Pinjaman Pinang;
    • Setiap pihak sehubungan dengan proses keadaan tidak mampu membayar (termasuk kepailitan);
    • Instansi pemerintah atau penegak hukum jika dibutuhkan atau diperintahkan sehubungan dengan Fasilitas Pinjaman Pinang;
    • Pihak penyedia jasa yang ditunjuk dan/atau bekerjasama dengan Bank sehubungan dengan pemantauan, penagihan dan pembayaran Fasilitas Pinjaman Pinang dan pengelolaan data;
    • Setiap pihak yang berhubungan dengan pengalihan atau pengalihan yang ditawarkan, pengalihan termasuk setiap pengalihan atau pemindahan atas setiap hak tau kewajiban Bank, setiap partisipasi, pengalihan kredit atau risiko lain (keseluruhan atau sebagian) dalam bentuk apapun, dan masuk dalam hubungan kontraktual lain sehubungan dengan Fasilitas Pinjaman Pinang.

 

3. Pengungkapan Informasi

Berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku atau berdasarkan perintah pengadilan yang berwenang, Bank berhak mengungkapkan informasi data pribadi, transaksi serta status kolektibilitas kepada bank atau lembaga keuangan lain yang menyediakan fasilitas kredit tanpa agunan atau kepada pusat pengelola informasi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia atau kepada biro kredit termasuk namun tidak terbatas pada bank dan/atau setiap pihak yang bertujuan untuk melaksanakan atau melindungi hak atau kepentingan Bank sehubungan dengan Fasilitas Pinjaman Pinang dan pengelola data. Apabila terdapat tagihan Fasilitas Pinjaman Pinang yang telah jatuh tempo, Bank berhak pula untuk menghubungi dan mengungkapkan informasi termaksud kepada pihak ketiga yang ditunjuk oleh Bank sehubungan dengan pemantauan pelaksanaan dan penagihan pembayaran Fasilitas Pinjaman Pinang dan pihak ketiga yang memiliki hubungan dengan, termasuk namun tidak terbatas pada anggota keluarga terdekat, orang yang tinggal serumah dan/atau rekan sekerja. Bank setiap saat dapat memberikan informasi dan keterangan mengenai informasi termasuk tetapi tidak terbatas pada nama, nomor telepon dan/atau alamat rumah/email, keterangan lain yang merupakan identitas pribadi sebagaimana tercantum pada Fasilitas Pinjaman Pinang kepada pihak ketiga dalam rangka melaksanakan kegiatan usaha Bank, yaitu dalam rangka penagihan maupun untuk tujuan komersial termasuk penawaran produk/jasa layanan dari pihak ketiga yang melakukan kerjasama dengan Bank sesuai dengan kesepakatan yang telah disetujui pada saat pengajuan Fasilitas Pinjaman Pinang. Sesuai ketentuan Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan, setiap fasilitas pinjaman/pembiayaan pada Bank akan dilaporkan pada Sistem Informasi Debitur Bank Indonesia dan/atau Sistem Layanan Informasi Keuangan OJK. Apabila terdapat lebih dari 1 (satu) fasilitas pinjaman/pembiayaan Bank, maka status kolektibilitas yang dilaporkan akan mengacu pada kualitas kredit terendah

 

4. Keamanan Data Anda

Dalam menjaga keamanan data Anda, Bank menggunakan sistem yang dilengkapi dengan tingkat keamanan yang memadai sesuai dengan yang disyaratkan oleh ketentuan Hukum yang berlaku dan akan Bank memperbaharui tingkat keamanan tersebut dari waktu ke waktu. Meskipun sudah dilengkapi dengan metode perlindungan data yang secara komersial dapat diterima, baik secara teknologi dan administratif, Bank tidak dapat menjamin keamanan data secara mutlak. Jika Bank mendapati adanya pelanggaran keamanan yang mengakibatkan pengungkapan yang tidak sah atas Informasi Pendaftaran, Bank akan mencoba memberitahu Anda secara elektronik melalui Layanan agar Anda dapat melakukan langkah-langkah perlindungan yang sesuai.

 

5. Pengelabuan

Bank sangat peduli dan memperhatikan keamanan akun untuk melindungi nasabah dari praktik pencurian identitas dan pengelabuan (phishing). Bank tidak dan tidak akan, pada waktu kapan pun, meminta informasi rekening, kata sandi ataupun nomor KTP Anda melalui email, komunikasi telepon atau kanal komunikasi lain yang tidak aman atau tidak resmi.

 

6. Persetujuan yang Anda berikan

Dengan mendaftarkan diri sebagai pengguna pada platform Bank, Anda mengakui telah membaca dan mengerti Kebijakan Privasi ini beserta Syarat dan Ketentuan, oleh karena itu Anda menyatakan setuju atas seluruh ketentuan Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu.

 

7. Bagaimana cara menghubungi Bank

Sesuai dengan Kebijakan Privasi di atas, Bank berkomitmen untuk memenuhi permintaan atau masalah apa pun yang mungkin Anda hadapi terkait data pribadi Anda. Oleh karena itu, silakan hubungi Bank di:

 

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk

Gedung BRI AGRO

Jl. Warung Jati Barat No 139, Jakarta Selatan 12740

Email: pinang@work.briagro.co.id

Call Center: 1500 494