List Berita BRI Agro

BPDPKS Kembangkan Pengolahan Batang Sawit

BPDPKS Kembangkan pengolahan batang sawit menjadi papan laminasi, kayu lapis, bahan bermanfaat dan energi (glukosa, pati dan asam laktat) dan gula merah

Beberapa inovasi pengembangan batang kayu hasil replanting yang telah dilakukan sebagai berikut:

1.Papan laminasi atau Sandwich Laminated Lumber (SLL) yang dapat dimanfaatkan untuk panel lantai, dinding, komponen furniture, pengemas dan lain-lain. Teknologi ini dikembangkan secara dengan sistem mobile plant yang dapat berpindah-pindah ke lokasi peremajaan dilaksanakan.

  1. Produksi pati-gula dari batang pohon sawit menjadi berbagai bahan bermanfaat yang potensial (asam laktat, asam glutamat dan bioetanol). Sisa biomassa yang sebagian besar ligno-selulosa dimanfaatkan sebagai bahan bakar pembangkit listrik (biopower = listrik biomassa). Penelitian ini juga akan menghasilkan Desain Basis Kerekayasaan (Basic Engineering Design: BED) pabrik Pengolahan Batang Pohon Kelapa Sawit Usia Tebang berkapasitas 2 x 100 batang per hari, yang dapat digunakan sebagai referensi bagi investor dan pelaku industri dalam merencanakan dan merealisasikan pembangunan pabrik tersebut.

3.Kayu lapis dan fancy flooring yang akan diimplementasikan dalam bentuk Proyek Pilot (Pilot Project) pada beberapa industri kayu lapis di Jawa, Sumatera dan Kalimantan, dalam rangka memenuhi permintaan terhadap bahan baku industri perkayuan.

4.Teknologi produksi gula merah yang dapat diterapkan dalam skala kecil, sehingga dapat dijadikan sebagai skema pembiayaan dalam program peremajaan sawit rakyat. Investasi dibutuhkan untuk memproduksi gula merah dari nira skala 1 ha sekitar Rp 25 juta. Kegiatan produksi ini dapat menghasilkan keuntungan mencapai Rp 18 -25juta/2 bulan


Bagikan ke:

Berita Terkait